Zaman dulu membeli nama domain sendiri itu tidak mudah, dan saat ini sulit menemukan website berkualitas yang tidak memiliki nama domain.

Walaupun sudah sangat jelas dan logis, masih banyak orang yang meragukan pentingnya memiliki nama domain untuk website mereka. Berikut ini akan kami beberkan beberapa alasan dan manfaat penting memiliki domain pribadi.

1. Domain pribadi membuat situs Anda terlihat lebih serius dan profesional

Coba pikirkan tentang bisnis, merek atau penyedia layanan kepercayaan Anda, dan website yang biasa Anda kunjungi dan/atau tempat Anda berbelanja. Kemungkinan sebagian besar, kalau tidak semuanya, punya nama domain sendiri.

Dewasa ini, domain pribadi menimbulkan kesan profesionalisme dan kredibilitas. Website Anda tampak lebih serius dan terpercaya daripada tanpa domain. Dengan memiliki domain pribadi, reputasi online Anda pun dapat terwakili dan terdongkrak.

2. Lebih memudahkan pengunjung untuk mengingat dan menemukan website Anda

Tentu tidak ada yang salah jika Anda memiliki alamat web (URL) yang panjang. Namun dengan memiliki nama domain yang pendek dan mudah diingat, maka Anda tidak akan kerepotan saat memberitahukan situs Anda pada keluarga, teman, rekan kerja atau kenalan. Nama domain yang spesifik dengan tujuan situs Anda juga akan lebih mudah diingat oleh para pengunjung, sehingga website Anda lebih mudah ditemukan oleh mereka dan dikunjungi lagi di lain waktu.

3. Mesin pencari akan lebih cepat menemukan website Anda dan menempatkannya di posisi lebih tinggi pada hasil pencarian

Mesin pencari seperti Google dan Bing mempertimbangkan beragam faktor ketika memilih penempatan suatu website pada hasil pencarian mereka. Jika ada orang yang mengetikkan 'pengrajin keramik Plered', mesin pencari,misalnya, akan melihat isi website yang relevan dengan pencarian ini.

Hal lain yang dianggap penting oleh mesin pencari adalah nama domain, karena nama domain mewakili kredibilitas sebuah situs. Ini artinya bahwa website yang memiliki nama domain akan selalu diposisikan lebih tinggi daripada website yang tanpa nama domain. Jadi, dengan memiliki nama domain yang jelas berhubungan dengan isi dan tujuan website Anda, tentu visibilitas website Anda akan meningkat pada hasil yang ditampilkan oleh mesin pencari.

4. Anda bisa membuat alamat e-mail sendiri dengan nama domain

Anda bisa membuat sampai 5 alamat email, menggunakan nama domain sebagai ekstensinya. Misalnya, jika Indra Gunawan memiliki domain www.naworlano.com, dia bisa membuat alamat email seperti info@naworlano.com, atau contact@naworlano.com.

Memiliki alamat email tersendiri bukan hanya terkesan sangat profesional bagi pengunjung Anda, tetapi juga menjadi cara yang efektif untuk memisahkan antara email yang berkaitan dengan website Anda dengan email pribadi.

5. Anda bisa melindungi identitas dan ide-ide Anda

Saat ini, siapa pun dapat dengan sangat mudah mendaftarkan nama domain, jadi barangkali Anda ingin memastikan supaya tidak ada orang lain yang mendapatkan nama domain yang Anda incar. Mungkin Anda berprofesi sebagai konsultan atau seniman, dan merek Anda adalah diri Anda, sehingga nama domain Anda seharusnya adalah nama Anda sendiri.

Meskipun Anda belum berencana membuat website, ada baiknya untuk mendaftarkan nama domain Anda sekarang, sebelum nama domain itu direbut oleh orang lain. Memiliki nama domain sendiri juga bagus untuk reputasi dan branding pribadi Anda, karena nama domain itu berfungsi sebagai identitas dan/atau kartu nama online Anda.

Jadi itulah: lima manfaat menyertakan domain pribadi pada website Anda.